Tiga Kali Lakukan Tindak Pidana Curanmor, Seorang Remaja Ditangkap Tim Tarsius Polres Bitung 

Tiga Kali Lakukan Tindak Pidana Curanmor, Seorang Remaja Ditangkap Tim Tarsius Polres Bitung 

Image

Klikwarta.com
Sabtu, 29/06/2024 – 00:59

Body

Bitung, Klikwarta.com – Tim Tarsius Sat Reskrim Polres Bitung berhasil mengungkap dan menangkap pelaku tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua.

“Tersangka berinisial JF alias Jul (15) warga kelurahan Girian Kecamatan Girian, tersangka ini masih anak dibawah umur yang  pendidikan terakhirnya SD. Pelaku di tangkap pada tanggal 22 Juni 2024,”Ungkapnya Kapolres Bitung, AKBP Albert Zai, S.I.K.,S.H yang di dampingi oleh Kasat Reskrim, Iptu Gede Indra, S.I.K.,S.H dan Kasi Humas, Iptu Abdul Natip Anggai saat menggelar konferensi pers, Jumat, (28/6/24) bertempat di Lobi Polres Bitung.

Pada kesempatan ini, Kapolres Bitung, AKBP Albert Zai, S.I.K.,S.H juga mengungkapkan terkait kronologi awal penangkapan yang bermula penangkapan ini terjadi sebelum penangkapan.

“Jadi Seminggu sebelum penangkapan ini penahanan ini, tersangka berhasil diamankan oleh tim Tarsius di jalan, ketika diamankan Tim Tarsius di lakukan pemeriksaan terhadap unit kendaraan yang digunakan oleh tersangka, namun tersangka tidak bisa menunjukkan dokumen dan akhirnya tersangka di bawah ke Polres, sesampainya di Polres dia menjelaskan bahwa motor ini adalah motor hasil curian, namun karena anak ini merasa menyesal, takut dan masih di bawah umur, akhirnya pada saat itu anak ini di kembalikan untuk kembali, dan untuk sepeda motor atau unit yang dia bawah tersebut kita kembalikan kepada pemiliknya,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Kapolres Bitung AKBP Albert Zai mengatakan tiga hari setelah itu, tim Tarsius menemukan lagi, menangkap si tersangka ini di jalan dengan membawa sepeda motor jenis Beac, dan saat di bawah ke kantor beserta tersangka dan sepeda motornya, ternyata sepeda motor ini adalah sepeda motor hasil curian juga.

Tersangka menggunakan penutup wajah bersama barang bukti

“Akhirnya si korban kita hubungi untuk melakukan laporan polisi di tanggal 17 Juni 2024, namun karena masih pengawasan si tersangka ini kabur dari kantor, Nah tanggal 22 Juni 2024 tim Tarsius dan Resmob menangkap lagi si tersangka ini  dengan sepeda motor jenis Beac, dibawah kekantor tersangka dan unitnya lalu di hubungi korban dan korban membuat laporan polisi. Kemudian untuk hasil pengembangan dari dua unit sepeda motor yang kita sita dan tersangka kita amankan, si tersangka mengatakan masih menyimpan satu unit lagi sepeda motor di rumah temannya yang dimana temannya saat ini menjadi DPO kita. Kita menyita kendaraan tersebut kemudian kendaraan tersebut sudah di kembalikan kepada si korban karena dikorbankan tidak mau melapor, ini sama halnya dengan kasus yang pertama sikorban juga tidak mau melapor. Jadi yang di lapor ini adalah tangkapan waktu yang kedua dan penangkapan ketiga,”ungkapnya.

Kapolres Bitung, AKBP Albert Zai, S.I.K.,S.H menambahkan untuk tersangka Jul yang merupakan anak dibawah umur, pihaknya tetap mempedomani tentang sistem peradilan anak yang di mana ada batasan waktu aturan penangkapan, penahanan yaitu 7 hari plus 8 hari. 

“Nanti kita kordinasikan dengan JPU bagaimana si tersangka ini bisa mendapatkan P21 dari JPU nya,”Jelasnya.

Terkait unsur pasal yang di terapkan, Tambahnya lagi, pihaknya memposisikan kasus tersebut dengan pasal 363 ayat 1 huruf angka 3 dan 4.

“Yaitu dilakukan di malam hari di pasal 3 nya di pasal 4 nya di lakukan bersama-sama dengan ancaman pidana 7 tahun penjara,”pungkasnya.

Kontributor: Laode
https://ouo.io/bA9E5Bp

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started